.
ads
Makanan Manusia Yang Berbahaya untuk Kucing

Makanan Manusia Yang Berbahaya untuk Kucing

Ditulis oleh: Rizal Kategori: Seputar Kucing Hits: 2441

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat lucu. Sulit rasanya tidak jatuh cinta dengan kelakuan hewan kecil berbulu ini. Ada beberapa makanan manusia yang dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada kucing kamu. Berikut makanan yang berbahaya bagi kucing kesayangan kamu.

1. Ikan asin dan ikan tongkol yang merusak pencernaan

Nasi dan ikan asin tidak cocok menjadi makanan untuk kucing. Nasi yang mengandung karbohidrat tidak dapat dicerna oleh lambung kucing. Sehingga dapat menyebabkan organ dalam kucing harus bekerja lebih keras.

Ikan asin dan ikan tongkol juga berpengaruh buruk untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Apakah bulu kucing akan sering rontok? Ya itu akibat nekat memberikan ikan asin atau ikan tongkol.

2.Tulang ikan sisa makanan, jangan diberikan karena membahayakan

Sama seperti ikan, tulang pun jangan kamu berikan. Kalau kamu beri tulang ikan, kucing selalu kegirangan . Dia akan asyik melahap tulang itu hingga bersih. Tapi, kamu pernah tersedak tulang ikan nggak? Nah, jangan dikira kucing nggak bisa tersedak. Setajam-tajamnya gigi kucing, tetap memiliki kemungkinan tersedak. Jadi, mulai sekarang kalau kamu habis makan ikan, jangan melemparkan sisa-sisa tulang untuk kucingmu.

3. Daging dan ikan yang di masak rendang juga berbahaya, karena kucing alergi bawang

Meski kamu suka makan rendang, jangan memberi ke kucing juga. Disebabkan kucing memiliki alergi pada bawang, baik bawang merah, bawang putih dan bawang bombay. Bawang mengandung bahan kimia yang merusak sel darah merah serta menyebabkan kucing muntah dan anemia.

4. Daging mentah penyebab diare dan keracunan

Selama ini kamu mengira daging dan ikan mentah cocok untuk kucing. Tapi apabila dimakan bisa membuat diare dan muntah-muntah, apalagi kalau kucing itu  nggak biasa memakannya. Sebab, daging dan ikan mentah masih mengandung banyak bakteri yang berbahaya untuk kucing seperti salmonella dan e.coli.

5. Jangan kasih susu formula

Saat kucing sakit atau kamu sedang minum susu, kamu pasti menyuapinya dengan susu agar kucing mendapatkan nutrisi dan tenaga. Tapi jangan di kasih lagi ya. Karena perut kucing tidak bisa mencerna laktosa sehingga pencernaannya dapat terganggu.

6. Bahaya mencari makan sendiri.

Tikus dan hewan liar dapat berbahaya jika di makan oleh kucing. Bagaimana kalau tikus yang di makan kucing itu terinfeksi penyakit? Bagaimana kalau tikus itu sudah terkena racun tikus? Kucing akan mengalami keracunan parah yang bisa menyebabkan kematian.

Supaya aman dan kucing sehat, kamu bisa memberinya biskuit kucing yang memang diciptakan khusus untuk kucing dan memenuhi kebutuhan nutrisinya secara maksimal. 

Yuk, berikan makanan yang tepat untuk kucingmu sebagai tanda sayangmu padanya!

 

Baca Juga : 

6 Cara Mudah Menghilangkan Bau Pada Kandang Kucing Di Rumah Kita

10 Tips Membersihkan Kandang Kucing Yang Baik dan Benar