.
ads
10 Tips Membersihkan Kandang Kucing yang Baik dan Benar

10 Tips Membersihkan Kandang Kucing yang Baik dan Benar

Ditulis oleh: Rizal Kategori: Kandang Kucing Hits: 25215

Banyak dari kita yang mungkin belum atau mungkin bahkan tidak memiliki kandang khusus buat kucing kesayangan kita di rumah. Kucing yang kita pelihara mungkin biasa kita lepas begitu aja di dalam rumah atau bahkan di halaman rumah kita. Dan emang seharusnya kucing tidak dikurung terus menerus di dalam kandang, karena pada dasarnya kucing ialah hewan yang jinak serta dapat dilatih untuk hidup sesuai aturan kita.

Tapi beberapa dari kita juga menyediakan kandang kucing buat sang kucing. Beberapa alasan yang mendasar disebabkan karena mereka menggunakan kandang kucing saat kucing memang tidak boleh berkeliaran di dalam ruangan rumah, hal ini disebabkan mungkin karna alasan seperti ; ketika ada acara di rumah yang menghadirkan banyak orang di rumah atau ketika pintu rumah sedang dibuka, supaya kucing tidak kabur keluar rumah. Alasan alasan tersebutlah yang membuat kita berfikir untuk menyediakan kandang kucing aluminium berkualitas dan murah yang nyaman dan baik untuk kucing kesayangan anda di rumah.

Pengertian kandang kucing disini ialah kandang yang juga berfungsi sebagai tempat tinggal sang kucing yang juga tersedia catlitter atau tempat buang kotoran buat kucing kita. Terkhusus bila di rumah kita tidak cukup tersedia halaman yang luas dimana kucing bisa membuang atau menutup kotorannya sendiri. Nah, pada pengen tau bukan tips membersihkan kandang kucing yang baik dan benar agar tidak mengeluarkan bau yang nggak sedap di rumah kita, yuks simak tips berikut ini :

1. Bersihkan kandang kucing secara rutin minimal sehari sekali dan jangan lupa mengganti pasir dalam litter box  setiap membersihkan kandang lalu cuci bersih litter box tersebut.

2. Pastikan ada sirkulasi udara pada kandang kucing sehingga tidak menimbulkan bau pada ruangan yang digunakan untuk kandang kucing.

3. Semprot seluruh bagian kandang dengan air, tapi hal ini tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup seminggu sekali saja.

4. Semprotkan cairan desinfektan pada setiap sisi kandang, lalu sikat hingga bersih di setiap sisi kandang kucing.

5. Jika melihat kucing kamu membuang kotoran lekas segera bersihkan, sebab kotoran yang terlalu lama mengendap dan bau akan mengurangi mood mereka untuk makan maupun beraktivitas. Apalagi kalau kotoran kucing tersebut sampai terinjak oleh kaki si kucing alhasil kotoran merekapun akan terbawa kemana mana.

6. Pasir hendaknya setiap hari selalu diganti, minimal sehari sekali, karena kotoran kucing yang terlalu lama mengendap akan memicu timbulnya virus seperti toxoplasma dan menyerang pada kucing kesayangan kita. Ngak mau kan hal itu terjadi sama kucingmu ??

7. Pasir yang terkena kotoran kucing hendaknya dibuang langsung, tapi bagi pengguna pasir Zeolit atau pasir cuci yang merasa sayang untuk dibuang hendaknya pasir itu dicuci setelah dipakai, sebagai salah satu penanggulangan dari virus yang akan muncul.

8. Jemur pasir dan kotaknya dibawah terik matahari, hingga benar-benar kering, hal ini bertujuan agar kuman yang tersisa yang masih hidup karena kebal desinfektan mati terkena sinar panas matahari.

9. Semprotkan parfum pengharum ruangan agar bau ruangan kembali harum dan agar kucing kesayangan kita juga betah disana dan kitapun nyaman ketika memasuki ruangan kucing kita.

10. Jangan lupa juga untuk memandikan si kucing sacara rutin agar kesehatannya terjaga.

Nah itulah 10 Tips yang bisa kita berikan dalam membersihkan kandang kucing yang baik dan benar.
Semoga bermanfaat...

Salam Cat Lovers...