.
Berapa Lama Kucing Hamil ?

Berapa Lama Kucing Hamil ?

Ditulis oleh: Rizal Kategori: Seputar Kucing Hits: 2394

Sebagai pemilik kucing sebaiknya kamu mengetahui kapan musim kucing kawin? Setiap negara memiliki siklus kucing kawin yang berbeda – beda. Hal ini didasarkan pada siklus pergantian matahari setiap negara. Pada umumnya, musim kawin kucing akan terjadi ketika matahari pada siang hari lebih lama daripada malam hari. Untuk daerah tropis yang kondisi mataharinya lebih stabil, biasanya musim kawin kucing terjadi pada saat musim kemarau.

Apabila telah memasuki musim kawin, kamu harus memperhatikan dengan baik sebagaimana kondisi kucingnya. Sudahkah menunjukkan tanda-tanda kucing hamil?. Kucing hamil biasanya ditandai dengan gejala muntah-muntah seperti manusia tetapi tidak semua gejala ini dijadikan patokan karena tidak semua kucing betina mengalami gejala tersebut.

Saat kucing telah hamil akan ditandai dengan berhentinya nafsu terhadap lawan jenis. Hal ini terlihat dari sikap kucing cenderung menjauh apabila berhadapan dengan lawan jenis. Pada saat memasuki usia ketiga minggu, kucing akan mulai menunjukkan adanya perubahan fisik seperti putting susu akan berwarna pink dan bulu – bulunya disekitarnya mulai rontok.

Juga ditandai dengan perubahan nafsu makan yang semakin banyak. Sehingga akan terlihat membesar perut sikucing seiring bertambahnya usia kandungan. Saat yakin sudah hamil, jangan memberi kucing dengan obat cacing. Karena akan menyebabkan terjadinya keguguran atau kelahiran prematur. Sebaiknya memberi vaksinasi kepada kucing hamil agar tetap kuat meskipun sedang mengandung.

Jangka waktu kucing hamil sampai melahirkan hanya membutuhkan 60 – 70 hari. Berbeda dengan usia kandungan manusia yang membutuhkan waktu lumayan lama. Pastikan kamu mencatat kapan proses terakhir si kucing kawin.

Jika kucing sudah memasuki usia kandungan yang cukup tua, sebisa mungkin membawanya ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan. Kucing hamil biasanya mampu melahirkan sendiri tanpa bantuan manusia. Akan tetapi berbeda dengan kucing persia yang membutuhkan bantuan saat melahirkan. Juga dapat dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan obat agar sehat setelah melahirkan.

Berapa lama kucing hamil juga bergantung pada asupan gizi yang diberikan. Sehingga pemberian gizi yang maksimal akan membuat kandungannya kuat yang dapat melahirkan tepat waktu. Sedangkan jika kucing hamil kekurangan gizi, kemungkinan akan terjadi kelahiran bayi premature.

Yuk sayangi dan perhatikan kucing kamu saat hamil dan melahirkan.

 

Baca Juga :

14 Manfaat Memelihara Kucing Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

8 Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing Peliharaan