.
ads
Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Merawat Kucing

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan saat Merawat Kucing

Ditulis oleh: Rizal Kategori: Seputar Kucing Hits: 2326

Saat memelihara kucing, tidak ada satupun ingin memperlakukan si kucing dengan cara yang salah. Tetapi meskipun begitu, ternyata masih ada juga kesalahan yang di lakukan saat merawat kucing secara tidak sengaja. Tentunya hal ini seringkali luput dari perhatian kamu. Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam merawat kucing.

1.     Membiarkan kucing semakin gendut

Kucing yang gendut memang menggemaskan. Tetapi sama halnya dengan manusia, jika kucing terlalu gendut itu akan menyebabkan obesitas. Memberi makanan tiap kali meminta bukanlah hal yang baik. Maka harus membuat penjadwalan yang tetap dan teratur dalam memberi makan si kucing. Apabila terus menuruti ‘permintaan’ si kucing yang seakan ingin makan, ini akan membuat si kucing obesitas. Janganlah terlena dan terhasut saat kucing memohon untuk makan, alihkan perhatian dengan mengajaknya bermain dan membuatnya berlari-lari sehingga karbo yang ada ditubuhnya juga terbakar seiring dengan masuknya makanan.

2.     Membiarkan si kucing muntah

Mungkin si gemes muntah adalah hal biasa, tetapi ternyata hal ini juga harus ditanggapi dengan serius. Apabila ada unsur lain yang masuk kedalam perutnya, secara otomatis perut si kucing akan memuntahkan isinya dan jika ini terjadi terlalu sering harus segera merawatnya ke dokter hewan. Muntah yang terlalu sering juga dapat disebabkan tingkat kecemasan si kucing yang sangat tinggi terhadap sesuatu atau mendapati banyaknya unsur kimia yang ia hirup / makan dan telah mengendap di dalam tubuhnya. Berbahaya kan ? Ya, tentunya jika hal ini dibiarkan, akan berakibat fatal.

3.     Membiarkan sering berada diluar rumah

Kucing memang hewan liar dan senang berada di luar sehingga memerlukan waktu untuk bermain diluar. Sering kali kucing diluar rumah menemui masalah seperti tertabrak mobil, diserang kawanan kucing lain atau hewan lain, ditangkap oleh pihak penangkaran bahkan diracun oleh orang yang tidak menyukai kucing. Bahaya-bahaya ini akan menghantui si kucing tanpa di sadari jika membiarkan si kucing berada di luar rumah tanpa pengawasan.

4.     Tidak rutin membawanya ke dokter

Kucing pun membutuhkan pemeriksaan ke dokter seperti manusia. Dikarenakan kucing yang tidak dapat membahasakan apa yang di rasakan ketika sakit, maka dari itu dokter hewan pasti lebih mengerti. Juga perlu secara rutin membawa si kucing untuk medical check-up. Untuk  berkonsultasi secara rutin dengan dokter hewan, mengetahui apa saja yang diperlukan dalam asupan si kucing sekaligus perkembangan si kucing sudah sampai sejauh mana.

5.     Memberikan obat manusia kepada si kucing

Disaat kucing sakit pasti akan merasa cemas dan panik. Hal fatal yang sering dilakukan untuk penanggulangan yakni memberi obat untuk manusia kepada si kucing dengan tujuan segera sembuh. Untuk penanggulangan dalam kucing ini, tentu perlu anjuran dari dokter hewan. Jadi, penanggulangan terbaik disaat si kucing sakit adalah sesegera membawanya ke dokter hewan.

6.     Makanan kucing kualitas buruk

Meskipun judulnya “cat food” atau “makanan kucing”, itu belum menjamin aman untuk dikonsumsi kucing karena tidak tahu jelas apa yang ada didalamnya. Pada saat ini makanan kucing banyak sekali ragamnya dari yang basah hingga kering dan murah hingga yang mahal. Tetapi, tetap harus memperhatikan kandungnan apa saja yang ada dialam, jika lebih dari 80% adalah bahan alami, itu layak dikonsumsi dan jika tidak, itu akan menjadi racun yang mengendap didalam tubuh kucing.

Itulah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat merawat kucing. Semoga artikel ini menambah wawasan dan membantu dalam merawat kucing.

 

Baca Juga :

Hal-Hal Menarik Dari Kucing

8 Hal Yang Hanya Dimengerti Oleh Para Pencinta Kucing